Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Ir. Soekarno-R.A Kartini, Gudep 10.517-10.518, Pangkalan SMK N 1 Biau

Penyematan Tanda Peserta Tamu Ambalan

Kegiatan pendidikan kepramukaan ditingkat pedidikan dasar dan menengah merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang diikuti oleh seluruh peserta didik, hal ini sesuai dengan yang tertuang dalam permendikbud no. 63 tahun 2014.

Untuk mewujudkan hal tersebut SMK N 1 biau yang merupakan salah satu sekolah penggerak melakukan salah satu rangkaian kegiatan kepramukaan ditingkat penegak yaitu Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Ir. Soekarno-R.A Kartini Gugus depan 10.517-10.518 dengan tema “disiplin, setia, dan bersahaja menuju insan berakhlak mulia”.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk persami yang di awali sejak sabtu 30 juli-minggu 31 juli 2022 Tujuan dilaksanakan penerimaan tamu ambalan tersebut untuk melantik siswa-siswi yang dulunya pramuka penggalang menjadi pramuka penegak tamu sekaligus pengenalan organisasi kepenegakan dan adat ambalan.

Dalam upacara pembukaan kegiatan tersebut yang turut diikuti seluruh dewan guru dan staf tata usaha. Kepala SMK N 1 Biau sebagai KaMabigus bertindak sebagai pembina upacara. Dalam sambutan nya bapak Edy Akas, S.Ag, M.Pd menyampaikan kepada seluruh peserta agar menanamkan dan mengamalkan butir-butir dasadharma dan tristya pramuka, bukan hanya dilingkungan sekolah, tetapi juga dilingkungan keluarga dan masyarakat, beliau juga menghimbau agar setiap peserta calon tamu dalam kegiatan tersebut dapat menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sandi ambalan putra dan putri dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-sehari. Beliau juga melakukan penyematan tanda peserta sekaligus membuka kegiatan tersebut dengan resmi.

Pada malam minggu kegiatan ini dilanjutkan dengan materi yang disajikan oleh Kak Masita, Kak, Darwin M. dangari dan Kak Idrus
Pada malam minggu yang cerah dengan bintang dimalam hari dilaksakan puncak kegiatan malam hari yaitu upacara pembakaran api unggun, dimana Kak Darwin M. Dangari bertindak sebagai pembina Upacara, upacara berlangsung dengan khidmat, selesai upacara peserta calon tamu melanjutkan penampilan kreativitas dengan lomba yel-yel antar regu.

Upacara pelantikan sekaligus penutupan kegiatan dilaksanakan pada minggu sore hari, dimana Kak Siide Al Idrus bertindak sebagai pembina upacara, beliau menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap semangat peserta calon tamu yang baru saja dilantik, dan semangat panitia beserta sangga kerja yang totalitas bekerja sesuai tanggung jawab yang di emban. (*by Ka Humala)

Berita