Sejarah SMK Negeri 1 Biau


SMK Negeri 1 Biau di dirikan pada tanggal, 01 Agustus 1965 yang berstatus SMEA Negeri di Buol/Leok Daswati I Sulawesi Tengah Kabupaten Buol Tolitoli berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan RI Nomor :640/B.3/Kedj yang dipimpin oleh Bapak LOPEOD RUMERUNG dari tahun 1965 – 1967 dengan jumlah rombongan belajar tiga ruang yakni kelas, I. II, dan III. Setelah itu terjadi perubahan Kepala Sekolah yang ke- dua yakni Bapak ABDULLAH MEERADJI, BA periode : 1967 – 1975 dengan membuka tiga jurusan yakni Jurusan Tata Buku, Tata Niaga, dan Perkantoran.

Dalam Perjalanannya SMEA Negeri Buol di Leok semakin berkembang dengan beratambahnya jumlah siswa, maka di saat Kepemimpinan Kepala Sekolah yang ke- tiga yakni Bapak KAREL KAULUSAN Periode : 1975 – 1981 telah berjuang untuk pengembangan dan perluasan sekolah sehingga saat itu SMEA Negeri Buol berpindah tempat dari Leok ke Desa Kali Kecamatan Biau dengan memiliki gedung baru sebanyak empat ruang. Setelah resmi SMEA Negeri Buol di pindahkan di Desa Kali, maka Kepala Sekolah Bapak Karel Kaulusan telah mengakhiri masa purna tugas dan terjadilah penunjukkan pelaksana tugas Kepala Sekolah yakni Bapak YOESUF MASOEWA Peroide : 1991 – 1992.

Selama berjalan satu tahun kegaiatan Belajar Mengajar di Lokasi baru dan memiliki gedung baru sebanyak empat ruang, maka telah di angkat Kepala Sekolah yang ke- empat yakni Bapak JUSUF LABAS, BA Periode : 1992 – 2000, saat kepemimpinan beliau telah melegalkan status tanah dengan memiliki sertifikat se-luas 2 Ha dan semakin berkembang pembangunan gedung baik RKB maupun gedung lainnya serta membangun Mushallah. Di masa kepemimpinan beliau juga telah terjadi perubahan nomenklatur perubahan nama sekolah dari SMEA menjadi SMK yang telah ditetapkan menjadi SMK Negeri Buol

Dalam perkembangannya Kabupaten Buol telah dimekarkan menjadi Kabupaten yang berdiri sendiri, seiring dengan perubahan kurikulum dan kebijakan Pemerintah berubah nama sekolah menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada tahun 1999 yang diberi nama SMK Negeri Biau. Setelah adanya perubahan nama kecamatan yang di atur dalam perda No.12 Tahun 1999 tentang perbuhan nama ibu kota dan pemekaran wilayah kembali berubah menjadi SMK Negeri 1 Lipunoto.

Pemerintah Daerah juga telah melakukan mutasi Kepala Sekolah dan terjadi pengangkatan Kepala Sekolah yang ke- lima Bapak RM. ARIFIN, BA Periode : 2000 – 2002. Semasa Kepemimpinan beliau juga telah terjadi perkembangan yang luar biasa tentang penambahan gedung baik RKB maupun Ruang Praktek Siswa sampai mengakhiri masa purna tugas.

Kepala Sekolah yang ke- enam yakni Bapak ARIFIN HASAN, S.Sos Periode : 2002 – 2008. Masa Kepemimpinan beliau telah terjadi perubahan kurikulum dan spektrum perubahan nama jurusan, sehingga saat itu langsung membuka Jurusan baru yakni, Busana Butik, Akomodasi Perhotelan dan Teknik Komputer dan Jaringan.

Dalam perkembangannya setelah menengok sejarah para tokoh masyarakat kembali memperjuangkan kepada Pemerintah untuk perubahan nama Kecamatan Ibu Kota Kabupaten Buol yakni menengembalikan nama kecamatan Biau pada tahun 2008, saat itu pula langsung berubah nama sekolah menjadi SMK Negeri 1 Biau sampai sekarang.. Secara geografis SMK Negeri 1 Biau terletak tengah pusat kota tepatnya di Jl. Y.A Lamaka No.143 ,Kelurahan Kali Kecamata Biau Kabupaten Buol.

Semkain berubahnya kebijakan Pemerintah saat itu, maka terjadi pula pengangkatan Kepala Sekolah yang ke- tujuh yakni Bapak MASTAR N. AIN, S.Pd Periode : 2008 – 2010. Selama kurun waktu dua tahun beliau juga telah berhasil menjadikan sekolah di kenal oleh masyarakat seiring dengan prestasi yang diraih baik dari bidang kurikuler maupun extrakurikuler khususnya dibidang Olahraga yang tidak pernah terkalhkan oleh sekolah lain. Bahkan pernah menyelenggarakan kegiatan PERSONI antar SLTA memperebutkan Piala Kepala SMKN 1 Biau yang akhirnya telah dijadikan rujukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga sebagai ajang Lomba tingkat Kabupupaten Buol setiap tahunnya. Serta SMKN Negeri 1 Biau saat itu sebagai Juara Umum tingkat Kabupaten Buol. Selain itu pula telah membangun tiga ruang belajar dan mendatangkan berbagai alat prakek siswa berupa komputer, serta sarana dan prasarana lainnya yang menjunjang kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakulkuler.

MASTAR N. AIN, S.Pd telah menjukkan kinerja dan prestasi yang luar biasa, sehingga dalam perjalanan karirnya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Buol mengangkat bdan melantik beliau sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Buol. Dan saat itulah terjadi Pergantian Kepala Sekolah yang ke-delapan yakni ibu SOFYA US. HENTU, S.Pd Periode : 2010 – 2012

Sosok Perempuan pertama yang menahkodai SMKN 1 Biau sejak berdirinya telah banyak melakukan perubahan dan menata sekolah, mulai dari rehabilatasi ruang kelas yang sudah tidak layak pakai dan juga telah membangun enam ruang kelas baru serta faslitas lainnya berupa alat praktik siswa dan sarana penunjang lainya. Disamping tu telah banyak prestasi sekolah yang ditunjukkan antara lain: pernah meraih Juara I Sekolah Sehat (UKS) Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, Juara Umum Porseni Tingkat Kabupaten Buol, Juara I LPI Tingkat Kabupaten Buol, serta kegiatan lomba lainnya. Tak ketinggalan juga setiap tahunnya mengutus peserta lomba LKS Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah. Bahkan aktif dalam memberikan motivasi serta dukungan terhadap kegiatan ke-Agamaan baik di sekolah maupun di tengah-tengah masyarakat yang telah diwujudkan oleh beliau Pengajian rutin bergiliran di rumah Guru dan Tata Usaha setiap bulannya.

Berita